30Dp (24).jpg

UNIVERSITAS PANCA BUDI KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS TRISAKTI

Universitas Panca Budi (UNPAB) melaksanakan Dialog public dengan tema “ Peran Ekonomi Islam dalam Mengembangkan Usaha kecil” pada tanggal 25 mei 2012 diruang seminar UNPAB.

Dalam sambutan Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi yang diwakili oleh Drs. Indrajaya Lubis, Ak, MM, mengatakan . Sebenarnya  saya kurang setuju dengan tema dialog ini, yang seharusnys adalah Ekonomi Islam dalai mengembangkan usaha besar, walaupun rancangan bisnisnya kecil namun skala dan jaringan  usahanya nasional bahkan global. Ekonomi  yang dibangun bersarkan ajaran Islam sudah merupakan kebutuhan kita dan oleh karenanya kita wajib mempelajarinya sehingga dapat menjadi kekuatan dan modal dalai mewjudkan kebahagiaan kehidupan ummat manusia. Sesuai dengan hadist Rasullulah SAW “ Sembilan puluh persen rizki Allah ada dalai perniagaan “ Ini membutuhkan banyak peniaga  peniaga yang berbasis Islam yang diharapkan dapat dilahirkan dari Universitas Pembangunan Panca Budi kedepan. Melalaui dialog ini mari kita kembangkan semangat menjadi peniaga – peniaga, wirausaha Islam yang dapat mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan ummat manusia dimasa yang akan datang. Sistm financial exclusive atau Islamic financial system melalui Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) harus menjadi gerakan oleh para mahasiswa dengan strategi pertama  menghasilkan sumber daya yang memiliki kapasitas dan kapabilitas mengelola BMT.  Kedua  setelah tersediannya sumber daya mari kita laksanakan program pengabdian masyarakat untuk  memantu menyehatkan BMT yang kurang sehat yang lazim dalam proses bisnis dengan sebutan  restrukturisasi BMT, . Setelah itu sebagai program ketiga adalah pengembangan bisnis dan jaringan bisnis BMT dalam mendukung terciptanya sistim keuangan pedesaan yang ekslusif.  

Dialog Publik menghadirkan Narasumber dosen IEF Trisakti Dr. Aries Muftie dan Direktur Bank Sumut Gus Irawan.

Dr. Aries Muftie mengatakan banyak lembaga keuangan syariah yang dapat mendukung usaha kecil seperti BMT yang berperan dalam perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara UNPAB dengan Universitas Trisakti.

Berita Lainnya