talk-show-_16.jpg

Medan, 17 Desember 2014. Dalam acara Talk Show tentang realisasi pendapatan Pemko Medan di tahun 2014 di Tor-tor Lounge Hotel Tiara Medan, acara ini diselenggarakan oleh Medan Forum Live yang diadakan Sindo Radio. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAB, Drs. H. Kasim Siyo, M.Si., Ph.D., selaku pengamat ekonomi Sumatera Utara menyampaikan, "realisasi perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan hingga triwulan III tahun 2014 pada Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Medan baru mencapai 64% dari target Rp 1,2 triliun. Dari seluruh sumber pajak Dispenda, pajak reklame baru terealisasi 18% dari target Rp 59 miliar".

Kemudian H. Kasim Siyo menyampaikan data dari Kadispenda Kota Medan sumber pajak lainnya seperti pajak hotel perolehannya mencapai 64%, PBB 73%, pajak hiburan 65% dan restoran 70%, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar 84%, BPHTB tercapai 50% serta pajak air bawah tanah sebesar 83%. Artinya masih minim penyerapan pajak oleh Pemko Medan, termasuk tentang tarif NJOP yang masih memakai analisis pasar yang lama, sementara wilayah kota Medan setiap waktu terus berkembang dan tentu saja berdampak pada peningkatan tarif NJOP sesuai dengan pasar sekarang. demikian yang dikatakan Kasim Siyo dalam acara talk show tersebut.

Medan Forum Live merupakan komunitas pemerhati kota Medan, forum ini senatiasa menggelar acara live tentang perkembangan kota Medan terkini. Forum ini juga kerap mengundang pakar dan pengamat ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan sebagai narasumber. Dari dialog-dialog ini kelak akan menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi pemegang kebijakan di kota Medan. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAB senatiasa di undang sebagai narasumber dalam hal pembangunan ekonomi Sumatera Utara dan khususnya kota Medan. Dalam acara tersebut Dekan FEB UNPAB didampingi oleh Ketua Program Studi Manajemen, Drs. Anwar Sanusi, M.Si., dan Ketua Prodi Perpajakan, Rahmat Hidayat, SE., MM.

Berita Lainnya