sac-unpab-gelar-kegiatan-pembekalan-karir-bagi-alumni_42.jpg

SAC UNPAB Gelar Kegiatan Pembekalan Karir Bagi Alumni

Medan-UNPAB: Salah satu indikator keberhasilan pendidikan tinggi mencakup penguasaan mahasiswa terhadap ilmu, teknologi, seni dan tingkat penerimaan lulusan di kalangan dunia kerja. Dengan demikian, relevansi lulusan dapat dilihat dari makin kecilnya masa tunggu dan masa penyelesaian lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

Peningkatan relevansi lulusan sangat penting seiring dengan semakin tingginya jumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi. Setiap tahun perguruan tinggi di Indonesia menghasilkan lebih dari 300.000 lulusan, yang berarti tingkat persaingan para lulusan perguruan tinggi sangatlah ketat di pasar kerja. Tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif mengharuskan adanya upaya sistematis dan integral dari berbagi pihak, terutama dunia pendidikan tinggi untuk melakukan link in match antara lulusan pendidikan tinggi dengan tuntutan pasar (demand).

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) dengan visi menjadi perguruan tinggi swasta terkemuka berbasis religius dalam mengembangkan imtaq dan iptek dihadapkan pada kenyataan banyaknya lulusan dari UNPAB belum dikelola secara maksimal untuk menghadapi tuntutan pasar dunia kerja.

Banyak alternatif karir lulusan UNPAB dari berbagai fakultas yang ada, akan tetapi belum ada
program/training terpadu untuk membantu dan membimbing terhadap kesuksesan karir tersebut, disisi lain dunia kerja / dunia usaha menuntut lulusan Perguruan Tinggi tidak hanya memiliki kompetensi keahlian (hardskill) saja, akan tetapi sikap/kepribadian/karakter/watak (softskill) sangat penting dimiliki oleh setiap lulusan untuk mendukung terhadap karirnya di masa depan.

Menyadari kondisi tersebut, untuk kesekian kalinya UNPAB melalui Biro Student Advisory Center (SAC) yang dikoordinir oleh Ir. Sulardi, melaksanakan kegiatan pembekalan karir mahasiswa sebelum wisuda dengan tema “Strategi Bersaing Dalam Memenangkan Persaingan Kerja di Sektor Industri dan Perbankan” , dimana materi yang diberikan dalam pembekalan ini adalah informasi mengenai kondisi ketenagakerjaan secara umum.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar sehari yang dilaksanakan pada, Kamis (26/03) di Gedung mahtab 313 Kampus Panca Budi Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan, dimana kegiatan ini menampilkan pemateri yang sudah sangat memahami tentang seluk beluk dunia kerja yakni Drs.  Anwar Sanusi, Msi,  Ka. Prodi Manajemen Unpab dan Bapak. Abdi Setiawan.

 Kegiatan diikuti oleh 100 alumni dari berbagai Fakultas yang baru saja menyelesaikan sidang meja hijau. Pada Kegiatan pembekalan karir kali ini juga dilakukan kegiatan teknik menulis lamaran kerja dan wawancara, psikotes karir, konseling karir dan workshop. (HMS/Ain)

Berita Lainnya