profesi.png

Dosen Dan Mahasiswa Menghadiri Undangan Sosialisasi "Profesi Akuntansi Publik Dan Perkembangan Terkini Standar Akuntansi Keuangan"



Pada hari Sabtu tanggal 27 November 2010 Program Studi Akuntansi telah mengirimkan lima orang dosen dan lima orang mahasiswa untuk mengikuti kegiatan sosialisasi dalam rangka   Pengembangan Profesi di Bidang Akuntansi. Bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan diantaranya turut hadir Bapak Muhamad Toyib Daulay, SE.,MM kemudian Bapak Drs. Mulknuddin Ritonga,MM, Bapak Suroso, SE.,M.Si, Bapak Marnoko, SE.,M.Si dan Ibu Nazli Azwani, SE mewakili dosen Fakultas Ekonomi UNPAB. Pada kesempatan ini Fakultas Ekonomi turut mrmbawa mahasiswa stambuk 2007 yang hampir menyelesaikan studinya di program sarjana antara lain Riyawan Syahputra, Ipan, Fauziah, Tantri dan Putri Ryzki yang merupakan cikal bakal Profesi Akuntan di Indonesia.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 untuk registrasi, selanjutnya dibuka oleh Ibu Tia adityasih selaku Ketua Umum Institut Akuntan Publik ditemani oleh Bapak Triyanto selaku Kasubbid Pengembangan Akuntan Publik – Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementrian Keuangan (PPAJP) Kemenkeu Republik Indonesia. Keduanya juga berkolaborasi dalam menyampaikan materi ” Profesi akuntan dan Akuntan Publik di Indonesia serta Institusi Akuntan Publik” berakhir pada pukul 12.00 WIB. Acara dilanjutkan kembali dengan materi Perkembangan terkini Standar akuntansi dan Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) bersama Ibu Dr. Dwi Martani sebagai nara sumber yang merupakan Tim Im pelemntasi IFRS Ikatan Akuntan Indonesia dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

 Latar belakang diadakannya Sosialisasi tersebut oleh PPAJP bekerjasama dengan IAPI dan IAI mengingat sedemikian pesatnya perkembangan Profesi di bidang akuntansi khususnya yang berkaitan dengan standar akuntansi dan standar auditing dimana Ikatan akuntan Indonesia (IAI) telah mencanangkan program konvergensi IFRS pada tahun 2012. Demikian juga dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) akan mengadopsi International Standard on Auditing (ISA) yang akan berlaku efektif pada tahun 2012.

Berita Lainnya