belajar-menjadi-pengusaha--dimulai-dari-alam-bebas_72.jpg

BELAJAR MENJADI PENGUSAHA, DIMULAI DARI ALAM BEBAS

Ada anggapan bahwa menjadi pengusaha itu bakat dari lahir dan karenanya tidak dapat diajarkan. Benarkah demikian?

 

Ternyata tidak demikian. Anggapan tersebut di atas tidak benar, sebab pengertian kewirausahaan bukan berpijak pada bakat sejak lahir, melainkan berkaitan erat dengan tindakan atau aksi. Jadi tindakan atau aksi itulah yang menentukan seseorang sukses menjadi wirausahawan atau tidak. Dulu sering kita dengar istilah wiraswasta. Kata "wiraswasta" berasal dari Wira yang berarti utama, gagah, berani, luhur, teladan atau pejuang. Swa berarti sendiri dan Sta berarti berdiri. Jadi wiraswasta (entrepreneur) berarti pejuang yang utama, gagah, luhur, berani dan layak menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri.

Rektor UNPAB, bapak Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., mengatakan modal yang paling vital sebenarnya bukanlah uang, tetapi modal non fisik, yakni berupa motivasi dan keberanian memulai yang mengebu-gebu. Saya yakin, jika hal itu sudah bisa dipenuhi, maka mencari modal uang bukanlah persoalan yang tidak mungkin, meski secara pribadi kita tidak memiliki uang. Sementara kita telah tahu, bahwa peluang bisnis telah ada di depan mata. Tentu, alangkah baiknya jika kita tidak menundanya untuk memulai berbisnis. Demikian yang disampaikan pak Rektor disela-sela diskusi dengan calon pelaku usaha di UKM Center UNPAB.

lppro 1 photo 4.jpg

Salah satu games : games siapa saya dan kamu siapa?

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selam 3 hari (20/6 s/d 22/6/ 2014)di Taman Dewi Sibolangit, Kabuapten Deli Serdang. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan langsung kepada peserta yang berjumlah 30 orang tersebut, dengan menempatkan diri sebagai konsultan dan mitra kerja mahasiswa yang berwirausaha.

Sekedar untuk informasi pelatihan angkatan ke 2 akan dilaksanakan akhir bulan November 2014 ini, dan bagi mahasiswa yang berminat silahkan berkunjung ke UKM Center di Gedung Makhtab ruang 101, kampus pancabudi, silahkan menghubungi saudara Adit atau Azima.

Oleh: Azima (UKM Center UNPAB)

Berita Lainnya