unpab-hadiri-wisuda-dan-tanda-tangani-mou-dengan-universitas-terbuka-medan_99.jpg

UNPAB HADIRI WISUDA DAN TANDA TANGANI MoU DENGAN UNIVERSITAS TERBUKA MEDAN

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, menghadiri kegiatan wisuda yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka, di Hotel Danau Toba Internasional, Sabtu / 02 Juli 2022.

Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM, dalam hal ini diwakili oleh Rektor Bidang Kerja Sama, Keuangan, dan Infrastruktur UNPAB, Hasrul Azwar, SE.,MM, Istri dari Gubernur SUMUT, Nawal Lubis, Rektor Universitas Terbuka Medan, Prof. Ojat Darojat, M.Bus.,Ph.D, Perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia SUMUT, Rudi H, Kepala Dinas Pendidikan SUMUT, R. Zuhri Bintang, Sekretaris IGTKI PGRI Kota Medan, Tuti Syahyuni, SP.,S.Pd.,M.Psi, Pokja Kota Tebing Tinggi, Nelce Kaloeti, S.Sos.,M.Pd dan Vina Febriani, SE, Pokja Simalungun, Aisyah Purba, S.Pd, Pokja Tobasa, Ruslan Sitorus, M.Pd, Pokja Asahan, Mishati, SE.,MM, Pokja Balige, Tunggul Sianipar, Pokja Sidikalang, Rapma Sibarani, Pegawai UNPAB, Robi Krisna, SE.,MH dan Oktariani Khamila, Ikatan Alumni Universitas Terbuka Medan, Ari Gunawan, M.Pd, Tribun Medan, Iin Sholihin.

Wisuda adalah suatu permulaan dari proses kehidupan yang tidak singkat. Wisuda jangan diartikan sebagai suatu hal yang sudah berakhir, akan tetapi harus direnungkan kembali setelah wisuda ini karya apa yang bisa diberikan baik hard skill atau soft skill.

Lulusan sarjana, Wisudawan/Wisudawati dari Universitas Terbuka merupakan orang-orang yang sukses di bidangnya. Hal ini dikarenakan Wisudawan/Wisudawati telah mampu meraih prestasi tinggi dalam menempuh pendidikan yang sekarang ini, salah satunya melalui penyelesaian masa belajar tepat waktu di Universitas Terbuka yang hari ini diwisudakan.

Wisudawan/Wisudawati adalah orang-orang cerdas, orang-orang pilihan, yang diharapkan wawasan, gagasan, ide yang diperoleh di bangku perkuliahan dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan dan perkembangan kampus, tanah kelahiran, bangsa dan juga negara. Dalam hal ini pemerintah masih kurang dalam menciptakan lapangan pekerjaan secara luas. Oleh karena itu, hadirnya lulusan ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan perkembangan, khususnya di Sumatera Utara.   

Universitas Terbuka Medan, berhasil mewisudakan 500 Wisudawan/Wisudawati dari beberapa fakultas diantaranya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Program Pascasarjana.

Dalam kegiatan yang sama, Universitas Terbuka juga melaksanakan MoU (Memorandum Of Understanding) dengan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan dalam hal implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam hal ini Dekan Fakultas Sosial Sains UNPAB akan bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Terbuka dalam hal Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  yang sebenarnya bertujuan untuk mendorong mahasiswa/mahasiswi untuk menguasai berbagai keilmuan untuk persiapan atau bekal dalam menghadapi tantangan dunia kerja, dengan kata lain memberikan kesempatan bagi mahasiswa/mahasiswi memiliki pengalaman belajar di luar program studinya. Tidak hanya MoU MBKM saja, melainkan MoU Studi Lanjut, maksudnya wisudawan/wisudawati lulusan Strata Satu (S1) Universitas Terbuka dapat melanjut pendidikan   bangsa. Pemuda adalah agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukan strategis dalam pembangunan nasional. Untuk itu, mari bersama kita tingkatkan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan, salah satunya melalui kualitas pendidikan, baik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berguna bagi peningkatan derajat hidup kemanusiaan serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat, sesuai dengan nilai  yang terkandung di dalam visi misi UNPAB.

Berita Lainnya