unpab-usulkan-beasiswa-91-mahasiswa-ke-dikti_83.jpg

Unpab Usulkan Beasiswa 91 Mahasiswa ke Dikti

Medan. Guna meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi, tahun 2013 ini Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan kembali mengusulkan 91 orang calon mahasiswa untuk mendapatkan Beasiswa pendidikan Mahasiswa miskin (Bidik Misi).

"Ya! untuk tahun ini, kita telah mengusulkan ke Direktorat Jenderal (Dirjen)  Pendidikan Tinggi (Dikti)  sebanyak 91 orang calon mahasiswa," kata Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unpab, Hasrul Azwar Hasibuan kepada MedanBisnis di Medan, Kamis (11/7).

Ke 91 calon mahasiswa tersebut, kata Hasrul terbagi atas enam program studi (prodi) yang diusulkan yakni Peternakan, Manajemen, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Agroteknologi serta Filsafat. "Tahun lalu, hanya dua prodi saja yang kita usulkan untuk mendapatkan bidik misi itu, yaitu Peternakan dan Manajemen saja, dan oleh Dikti tahun lalu sebanyak 29 mahasiswa kita dapat bidik misi, "katanya.

Menurutnya, jatah jumlah penerima beasiswa Bidik Misi untuk tahun akademis 2013/2014 bagi mahasiswa Unpab  hingga saat ini baru sebatas pengajuan usulan ke Dirjen Dikti. "Soal berapa jatah Bidik Misi yang diterima Unpab Medan masih menunggu keputusan dari pusat yang kemungkinan baru bisa diketahui pada akhir Agustus 2013 mendatang, "katanya.

Mengenai jumlah besaran beasiswa yang diperoleh mahasiswa penerima bidik misi, Hasrul menyebutkan masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa sebesar Rp 12 juta. Dimana, uang tersebut akan dipergunakan untuk biaya pendidikan sebesar Rp 4,8 juta per tahun serta Rp 7,2 juta untuk  uang saku para mahasiswa penerima bidik misi.

"Sejauh ini semua dana yang diterima dari Dikti adalah untuk membantu mahasiswa dari kalangan ekonomi miskin tetapi memiliki prestasi dalam nilai akademik, dan memang diharuskan bagi mahasiswa penerima untuk mempertahankan nilai prestasi selama memperoleh bidik misi itu, "pungkasnya.

Terpisah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I NAD-Sumut Prof Dian Armanto menyebutkan hingga saat ini jumlah mahasiswa penerima bidik misi untuk PTS di Sumut belum dapat diketahui berapa jumlah yang diperoleh. Sebab, oleh Dikti mahasiswa penerima bidik misi yang diajukan oleh seluruh PTS yang memperoleh undangan penerima beasiswa tersebut masih dalam tahapan verifikasi

Berita Lainnya