unpab-dan-yayasan-prof-dr-h-kadirun-yahya-terus-berkolaborasi-membangkitkan-semangat-olahraga-bidang-catur_22.jpg

UNPAB dan YAYASAN PROF. DR. H. KADIRUN YAHYA TERUS BERKOLABORASI MEMBANGKITKAN SEMANGAT OLAHRAGA BIDANG CATUR

Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia sekaligus silaturahmi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan bersama Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya serta merangsang sistem kerja saraf pusat atau sel saraf yang disebut neuron untuk membentuk koneksi lebih banyak dan cepat khususnya para generasi muda, untuk itu Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya selenggarakan Turnamen Catur Panca Budi Chess Community (PBCC), di Gelanggang Mahabento UNPAB, 13 - 18 Agustus 2022.

Dalam kegiatan ini hadir Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.; keluarga besar Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, antara lain, Hj. Suzi Hayesah.; Muaz Abdullah Hj. Suzi Hayesah.; Achmad Basyir Santoso Adi putra, S.Psi.; dan Adlin Khairi Sitepu, S. Pd. Total keseluruhan peserta turnamen catur sebanyak 22 orang dari berbagai unit, antara lain, Perguruan Panca Budi, UNPAB, siswa/siswi SMA Panca Budi.; security UNPAB.

Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM dalam sambutan menyampaikan, "Saya ucapkan selamat bertanding untuk 22 peserta turnamen catur. Peserta turnamen catur harus bersikap sportif dengan tidak boleh menggangu konsentrasi lawan yang sedang berpikir. Peserta catur juga harus berjiwa atlet dengan selalu berpedoman pada semboyan catur Gen’s Una Sumus yang memiliki artinya kita satu keluarga."

Menurut studi dalam The New England Journal of Medicine menemukan, orang-orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur lebih kecil kemungkinannya untuk terkena masalah demensia, seperti penyakit Alzheimer.

"Turnamen catur yang mengandalkan strategi ini membuat banyak orang terhibur saat memainkannya. Catur biasanya terdiri dari dua pemain saja. Perlu diketahui juga sistem kerja permainan catur ini bekerja seperti otot. Oleh karena itu, organ tubuh ini juga membutuhkan latihan agar sehat dan terhindar dari cedera." Lanjutnya. 

"Saya ucapkan selamat kepada para juara yang  meraih hasil terbaiknya. Para peserta yang belum mendapatkan kesempatan untuk membawa piala hari ini saya juga mengucapkan selamat karena sudah berproses hari ini, masih banyak kesempatan untuk menunjukkan bakat serta prestasi yang terbaik di masa mendatang, dan semoga dari turnamen catur ini lahir pecatur handal." harap Rektor UNPAB. 


 

Berita Lainnya