rektor-unpab-menghadiri-penobatan-gelar-ivan-iskandar-batubara-sebagai-patuan-parimpunan-gomgom-mandailing-_16.jpg

REKTOR UNPAB MENGHADIRI PENOBATAN GELAR IVAN ISKANDAR BATUBARA Sebagai Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, Dr. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., menghadiri undangan Penobatan Gelar Kepada Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sumut, Ivan Iskandar Batubara sebagai Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing, di Sopo Godang Huta Siantar Panyambungan. Kamis, 07 Juli 2022.

Pada kegiatan tersebut hadir  Ketua Umum KAD Sumut, Muhammad Santri Azhar Sinaga, SH, Direktur Eksekutif KADIN Sumut, Hendra Utama,  Ketua DPRD Mandailing Natal, Erwin Lubis, SH, serta raja-raja Mandailing dan tokoh-tokoh petinggi adat yang ada di Huta / wilayah Siantar Panyambungan yaitu, Sutan Oloan, Kari Baginda Manonga, Raja Oloan, Sutan Sinomba, Sutan Batara Pidoli serta masyarakat setempat.

Mandailing adalah salah salah satu suku yang banyak ditemui di Provinsi Sumatera Utara bagian selatan yang berbatasan dengan Sumatera Barat, dan di bagian utaranya berbatasan dengan Riau.

Suku Mandailing memiliki adat istiadat yang tidak dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya seperti adat istiadat Penobatan Gelar yang dilaksanakan oleh masyarakat di daerah Mandailing Natal.

Dalam sambutannya, Sutan Oloan Kanaekan, salah satu tokoh adat Mandailing Natal mengatakan, "Suku Mandailing memiliki adat istiadat yang masih dijunjung tinggi, salah satunya proses pemberian gelar adat Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing. Penobatan ini seharusnya mendapat persetujuan semua pihak, termasuk petinggi marga adat melalui sidang adat hari ini. Hal ini keputusan rapat tokoh adat Mandailing Natal untuk menyepakati pemberian gelar tertinggi kepada H. Ivan Iskandar Mangkuto Raja Batubara dengan gelar Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing dan permaisuri, Hj. Revita Etika Lubis dengan gelar Namora Junjungan Nauli."

Dengan pemberian gelar adat ini, resmilah Ivan Iskandar Batubara dan istri menjadi tokoh adat Mandailing, setelah melewati beberapa proses di antaranya, penabalan gelar dan sidang-sidang adat raja, dan mangupa. Pemberian gelar ini mendapat tanggapan positif sehingga membuktikan bahwa kehadiran Ivan Iskandar Batu Bara dan istri mendapatkan kepercayaan di tengah masyarakat Mandailing Natal.

"Saya berterima kasih telah diberikan gelar Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing, yang artinya ini adalah pengakuan dari masyarakat bahwa kita diterima di sini. Semoga dengan kehadiran kita di sini, membawa manfaat bagi Kecamatan Panyambungan dan Kabupaten Mandailing Natal,” ungkap Ivan Iskandar Batu Bara dalam pidatonya setelah mendapatkan penobatan gelar.

Dalam adat Mandailing, upacara pemberian gelar merupakan bagian dari upaya masyarakat Mandailing untuk melestarikan tradisi-budaya dan sekaligus memberikan kehormatan kepada seseorang yang dianggap pantas atau sudah berjasa kepada masyarakat, khususnya di Bumi Gordang Sambilan ini.

Berita Lainnya