himpunan-mahasiswa-hukum-unpab-selenggarakan-debat-konstitusi_54.jpg

Himpunan Mahasiswa Hukum UNPAB Selenggarakan Debat Konstitusi

Sebagai agenda rutin tahunan, Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melalui Fakultas Hukum UNPAB bekerjasama dengan Biro Bantuan Hukum (BBH) dan Himpunan Mahasiswa Hukum (HMH) menyelenggarakan Lomba Debat Konstitusi dalam rangka meningkatkan pemahaman dan analisis seputar hukum dan konstitusi pada tanggal 6-7 Mei 2013 bertempat dipelataran Maktab UNPAB. Lomba Debat Konstitusi ini dihadiri oleh Rektor UNPAB H.M. Isa Indrawan, S.E.,M.M, Dekan Fakultas Hukum UNPAB Dra. Hj. Irma Fatmawati, S.H., M.Hum dan Ketua Prodi Ilmu Hukum Vita Cita Emia Tarigan, S.H., LL.M.

Pada sambutannya Rektor UNPAB  mengatakan bahwa akan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan mahasiswa yang bersifat positif dan dapat menunjang kemampuan intelektulitas serta sofskill mahasiswa. Harapan rektor juga agar bibit-bibit yang diperoleh dari lomba debat ini dapat dibina dan dikembangkan agar mampu bersaing di tingkat regional dan dapat ikut serta pada perlombaan debat tingkat nasional di Mahkamah Konstitusi.

Lomba debat konstitusi ini disambut antusias mahasiswa. Peserta  yang ikut mencapai 15 Tim, namun yang lolos ke babak utama hanya 6 tim. Debat ini mengusung beberapa judul di babak utama  yaitu, Pro-Kontra Outshortching, Hukuman Pada Anak Pelaku Tindak Pidana dan Nikah Siri. Pada babak utama peserta lolos tinggal 4 tim dan berhak masuk semifinal. Pada babak semifinal, lomba debat konstitusi mengusung judul Pro-Kontra KPK sebagai Lembaga Permanen dan Hukuman Mati.

Pada babak final, judul yang diperdebatkan adalah Pro-Kontra Amandemen Kelima Konstitusi, perdebatan ini sangat menarik, karena kedua tim sama-sama memberikan argumen-argumen hukum yang valid sesuai dengan konteks kenegaraan saat ini seperti pentingnya Amandemen karena masih banyak permasalahan terkait kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diatur dalam Konstitusi serta calon presiden independen.

Akhirnya babak final Lomba Debat Konstitusi ini dimenangkan oleh tim “Pro” yang terdiri dari Agung Wira Waskito, Ryan Widya Putra dan Lamboy Perwira Sitorus sebagai juara pertama. Juara ke dua dimenangkan oleh tim “kontra” yang terdiri dari Dian Putri Mandasari, Ramlan Damanik dan Panut Maulana. Serta juara ke tiga dimenangkan oleh tim “pro” dari babak semi final dengan judul pro-kontra KPK sebagai lembaga permanen yang terdiri dari abdul manan, Hottua Sihotang dan Pridona Naibaho.

Lomba Debat Konstitusi ini dimoderatori oleh Agus Adhari S.H.I.,LL.M dan Lidya Ramadhani S.H, sedangkan bertindak sebagai juri terdiri dari Nur Alamsyah, S.H.,M.H, Drs. H. Ali Syafril, S.H.,MAP., M.H, Rusli S.H., M.H, dan Sumarno S.H.,M.H.

Penutupan Lomba Debat Konstitusi ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III Hasrul Azwar Hasibuan, dan Dekan Fakultas Hukum UNPAB Dra. Hj. Irma Fatmawati, S.H., M.Hum yang sekaligus menutup acara dan memberikan hadiah kepada para pemenang .

Berita Lainnya